Maishima Incinerator : Pabrik Pengolahan Limbah Mirip Disneyland

Penampilannya memang berbeda dibandingkan pabrik pengolahan sampah yang kotor dan berwarna kaku. Maishima Incinerator memiliki warna yang membuatnya lebih mirip sebagai theme park dibandingkan sebuah pabrik.

Dinding luar bangunannya berwarna-warni ceria sehingga bila dilihat tidak mencerminkan apa yang ada di bagian dalamnya.

Bahkan ada yang menyebutnya mirip Disneyland dan bahkan bagian dari Universal Studio yang berada tidak jauh dari lokasinya.

Padahal, pabrik yang merupakan hasil kerjasama 3 kota di Jepang, Osaka, Yao, dan Matsubara ini merupakan bagian penting dari strategi negara Sakura itu dalam memerangi sampah.

Setiap harinya 900 ton sampah dan limbah dari Osaka dan kota sekitarnya dimusnahkan dengan panas yang tinggi di pabrik ini.

Maishima Incinerator – Kredit Foto Wikimedia Commons

Pabrik pemusnahan sampah dan limba Maishima dibuka pada tahun 2001. Desain bangunan serta warna-warna yang mencolok mata merupakan buah karya dari arsitek terkenal asal Vienna yang sekaligus penggiat lingkungan, Friedensreich Hundertwasser.

Meskipun memang bukan destinasi turis, Maishima Incinerator memperkenankan kunjungan wisatawan dengan sistem booking di hari kerja, kecuali hari libur. Mereka yang ingin datang harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Kunjungan hanya bisa dilakukan jika kondisi memungkinkan.

Leave a Comment