Wisata Aceh : Pantai Lhoknga Lokasi Wisata yang Bersebelahan dengan Pabrik Semen

Apakah anda senang liburan ke pantai? Pantai Lhoknnga jawabannya. Wisata pantai yang wajib kamu kungjungi ketika liburan ke Aceh. Wisata Pantai Lhoknga adalah salah satu dari wisata pantai yang ada di Aceh. Tempat dimana dengan tiket masuk seharga Rp. 15. 000,- kamu dapat menikmati pesona laut dan pantai dengan pasir putih yang sangat indah. Cocok bagi anda yang suka menikmati matahari terbenam yang dapat memanjakan mata. Tak hanya itu, Pantai Lhoknga juga dikelilingi bukit-bukit dengan keindahan panoramanya.  Gulungan ombak yang saling mengikuti menghantam batu karang memecah ombak menciptakan suara yang membuat jiwa kita terasa damai.

Sumber Foto : @nadyakhnyd_

Pantai Lhoknga ini berlokasi di Kabupaten Aceh Besar, Kecamatan Lhoknga, Provinsi Aceh. Jaraknya 15 Km atau sekitar 30 menit dari Banda Aceh. Pantai yang lokasinya berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Selat Malaka.

Jika anda penggemar olahraga surfing. Tenang saja, Pantai Lhoknga terdapat 5 titik ombak bagi anda yang ingin berselancar. Bahkan, ombak yang dimiliki Pantai Lhoknga ini sudah diakui hingga internasional. Tenang saja, anda juga dapat menyewa papan selancar yang tersedia disekitar lokasi pantai. Namun, yang harus diperhatikan adalah sebagai pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan. Karena, pernah terjadi beberapa kejadian yang memilukan. Akan tetapi, jangan khawatir sebab masih ada area pantai yang memiliki ombak yang aman dan tidak berbahaya. Sehingga anda dapat bermain air sambil berenang bersama keluarga maupun teman.

Fasilitas lainnya yang dapat anda nikmati yaitu seperti menikmati berbagai kuliner makanan laut khas Aceh. Anda dapat menikmatinya pada warung-warung dan kafe dibawah gazebo. Warung-warung tersebut tersedia disepanjang Pantai Lhoknga. Dengan begitu, anda dapat memilih tempat dengan pemandangan laut sesuai keinginan anda. Hal lainnya yang menjadi catatan bagi pengunjung yaitu ketentuan jam buka. Pantai Lhoknga dapat anda kunjungi mulai jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun, tenang saja ada sejumlah penginapan yang cukup nyaman bagi anda yang ingin bermalam.

Bibir Pantai Lhoknga

Fakta menarik yang harus anda ketahui dari Pantai Lhoknga ini adalah letak pantai yang berdekatan dengan PT Solusi Bangun Andalas. Salah satu produsen semen di Indonesia dengan total produksi sekitar 1,8 juta ton per hari di Kawasan Lhoknga, Aceh Besar.

Pada tahun 2016 silam, pabrik semen yang dulunya dengan nama PT Lafarge Semen Indonesia diduga pernah mencemari Pantai Lhoknga sebagai lokasi wisata. Pencemaran tersebut berupa hasil dari pembuangan oli mesin dan batu bara dari pabrik. Berdasarkan informasi pengunjung tidak ditemukannya tanda peringatan pada lokasi tersebut. Alhasil, para pengunjung yang datang dan berenang merasakan bahwa air di pantai terasa panas. Tak hanya itu, debu yang dihasilkan kerap mencemarkan udara dan sekitar pantai juga mengganggu masyarakat. 

Namun, setelah PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) Lhoknga, Aceh Besar, resmi berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Andalas (SBA) yang berada di bawah anak perusahaan Semen Indonesia yaitu PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Kini pabrik yang berdekatan dengan lokasi wisata Pantai Lhoknga telah menjalankan komitmennya untuk lingkungan dan berkelanjutan, menuju masa depan tanpa limbah. Salah satunya  dapat dilihat dari kerja sama yang dilakukan dengan pemerintah Aceh untuk mengelola sampah domestik dengan metode fisika biologis untuk dijadikan Refuse Derived Fuel (RDF), sehingga dapat digunakan sebagai subtitusi bahan bakar di Pabrik Lhoknga.

Keberadaan pabrik semen ini justru menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk Pantai Lhoknga. Dalam perjalanan para pengunjung dapat melihat langsung dengan jarak yang cukup dekat.

Sumber Video : @nadyakhnyd_

Jadi, Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata Pantai Lhoknga?

Website | + posts

Leave a Comment